Senin, 11 April 2016

Bentuk dan Struktur Virus

    Virus Bentuk Bulat
Contoh virus berbentuk bulat terdapat pada virus zika. virus corona, virus influenza, dan virus AIDS. Beberapa dari virus yang lebih besar. Virus yang menyebabkan cacar dan influenza, mempunyai sampul luar yang nampaknya terdiri dari sebagian membran plasma inang yang terbawa oleh partikel virus pada akhir infeksi.


Gambar Virus Zika, berbentuk bulat
(Sumber : http://i.huffpost.com/)


    Virus Bentuk Batang
Contoh virus berbentuk batang terdapat pada virus mosaic tembakau dan virus ebola. Virus mosaic tembakau telah dimurnikan dalam bentuk endapan kristal.


Gambar Virus Ebola, bentuk tubuh batang
(Sumber : http://cdn.arstechnica.net/)


    Virus Bentuk Huruf T
Contoh virus berbentuk T terdapat pada virus yang menyerang bakteri (bakteriofag), Bakteriofag yang digunakan dalam penelaah genetika seperti bakteriofag T2 dan T4.



   Struktur Virus

Asam Nukleat 
    Asam nukleat berisi DNA atau RNA, sehingga munculah sebutan untuk virus DNA karena mengandung DNA dan virus RNA untuk virus yang mengandung RNA.

Kapsid (selubung protein)
   Cangkang protein (selubung protein) yang menyelubungi asam nukleat disebut kapsid (capsid). Kapsid ini bergantung pada bentuk virus.  Kapsid tersusun atas banyak sub-unit protein yang disebut kapsomer, Kapsid yang paling kompleks ditemukan pada virus-virus yang menginfeksi bakteri yang dikenal dengan bakteriofag



Sumber : 
- Campbell, dkk. 2008. Biologi Edisi 8 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
- Wibowo, Michael Haryadi, dkk. 2012. Isolasi, Identifikasi, Sifat Fisik, dan Biologi Virus 
  Tetelo yang Diisolasi dari Kasus di Lapangan. Jurnal Veteriner Desember. 13: 425-433.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar